Sunday, March 12, 2017

Kebiasaan Buruk Yang Saya Lakukan Ketika Baru Memulai Ngeblog! Ada Yang Seperti Saya?

Sudah lama saya tidak berbagi artikel dengan anda. Itu dikarenakan kesibukan saya di kampus. Terakhir saya membagikan sebuah artikel pada bulan 6 tahun 2016 yang berjudul +Cara Membuat Tombol Share Pada Blogger.

Tidak terasa sekitar 9 bulan lamanya blog saya tertidur pulas. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi pengalaman ketika saya baru memulai Ngeblog!.

Kenapa saya membuat artikel seperti ini? Karena saya penasaran, apakah ada orang yang memiliki atau hampir sama yang saya lakukan ketika baru memulai ngeblog.

Apakah anda melakukan kebiasan buruk seperti saya?

Yuk, langsung saja anda simak kebiasan buruk yang saya lakukan ketika baru memulai ngeblog.

Kebiasaan Buruk Yang Saya Lakukan Ketika Baru Memulai Ngeblog! Ada Yang Seperti Saya?
Kebiasaan Buruk Blogger Pemula - sumber foto: antumfiqolbi.wordpress.com


1. Semua Artikel Copypaste
Kebiasan buruk yang saya lakukan pada saat memulai ngeblog yaitu Copypaste artikel blog lain. Pada blog pertama saya, 99% artikel tersebut hasil copypaste. Seingat saya, sehari saya memposting artikel sebanyak 7 sampai 9 artikel per hari.

Dan lebih parahnya lagi, saya tidak memberikan link sumber artikel tersebut. Penulisan artikelnya pun tidak berubah alias sama seperti artikel aslinya.

Baca juga: Panduan Menulis Artikel Yang Mudah Dibaca Pengunjung


2. Suka Ganti Template
Selain artikel yang copypaste artikel blog lain, kebiasaan buruk lainnya yaitu Suka Ganti-ganti Template. Kebiasaan ini saya lakukan, ketika blogwalking. Melihat tampilan blog lain yang bagus, saya pun langsung mencari dan menerapkannya pada blog saya.

Selain tidak memasang link sumber artikel yang saya lakukan ketika copypaste artikel blog lain. Template yang saya gunakan pun, copyright juga saya hapus.

Baca juga: Apakah Resiko Bila Keseringan Mengganti Template Blog?


3. Artikel Campuran
Artikel Campuran, itulah kebiasan buruk saya yang lain. Pada deskripsi blog tentang tutorial blog tapi artikel blog saya membahas segala hal. Mulai dari tutorial blog, kesehatan, info bola dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan blog yang pertama saya buat, tidak memiliki niche blog yang jelas.

Baca juga: Bagaimana Memilih Niche Blog dengan Benar? Ini Jawabannya


4. Adsense dan Tamat
Terakhir yaitu daftar adsense dan Tamat. Pemikiran awal saya mengenai adsense yaitu ketika satu blog yang saya daftarkan pada Google Adsense dan di tolak maka blog tersebut tidak dapat didaftarkan lagi.

Nah karena pemikiran diatas tersebut. Saya memiliki banyak blog, sekitar 13 atau 15 blog. Karena setiap daftar Adsense dan di tolak, blog tersebut saya tidak urus lagi. Kemudian buat blog baru lagi dan daftar lagi, di tolak lagi, tidak saya urus lagi. Begitu sampai seterusnya hingga saya memiliki blog sekitar 13 atau 15 blog.

Pelajaran saya ambil dari pengalaman saya yaitu:
  1. Ketika meng-copy artikel orang lain, seharusnya pasang link sumber artikel tersebut. Karena dengan link sumber artikel tersebutlah kita dapat menghargai karya orang lain.
  2. Sama halnya dengan artikel blog, ketika menggunakan template buatan orang lain. Seharusnya, saya tidak menghapus link copyright nya.
  3. Cobalah untuk fokus pada satu kegiatan. Jika kegiatan tersebut sudah selesai selanjutnya kerja kegiatan selanjutnya. Layaknya seekor elang yang mengejar anak kelinci, walaupun terdapat induk kelinci di dekat anak kelinci tersebut tetapi elang tetap fokus pada tujuan awalnya yaitu anak kelinci.

Itulah kebiasan buruk yang saya lakukan ketika baru memulai ngeblog. Jika anda memiliki kebiasaan buruk selain diatas, tambahkan pada kolom komentar.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel yang berjudul Kebiasaan Buruk Yang Saya Lakukan Ketika Baru Memulai Ngeblog! Ada Yang Seperti Saya?. Jangan lupa untuk berbagi dan meninggalkan tambahn kebiasan buruk anda. Hehe...